Review Film: Abracadabra [2019] || Kritik dan Apresiasi

 

[dok. pribadi]


Hari ini (10/01/20), aku datang ke bioskop dengan ekspektasi yang luar biasa tinggi. Selain dibintangi oleh aktor-aktor kesukaanku, seperti Reza Rahardian, Lukman Sardi, Dewi Irawan, Jajang C. Noer, dan Butet Kartaredjasa, film Abracadabra ini kurasa memberikan warna baru bagi perfilman Indonesia. Seingatku, aku (memang bukan filmholic, sih) belum pernah nemuin film Indonesia yang mengangkat tema fantasi-persulapan-persihiran macam model Abracadabra begini. 

"Wah, keren banget, nih, pasti!" yakinku. 

Tanpa bermaksud ngebocorin film--bagi yang belum nonton--film ini diawali dengan shot Lukman (Reza Rahardian), terdampar di karang tepi laut. Lalu kamera bergerak mundur, kemudian memperlihatkan pemandangan yang luar biasa indah. Nonton, dah. Gak nyesel liatnya. 

"Wah, gila. Bakal keren banget, nih!" 

Okeh.. lanjut. 

Cerita tiba-tiba berpindah ke ruang kamar, dengan Lukman yang tiba-tiba bangun pukul 3.15 pagi dan melihat buku catatannya yang memperlihatkan pukul 3.15 pagi di tiap lembarnya. Lalu sambil Lukman duduk di meja belajar, muncul suara Reza Rahardian yang bilang bahwa ia tidak ingin lagi bermain sulap. 
Secara visual, penonton dimanjain banget dengan setting ruangan, cahaya, dan warna yang unik banget menurutku. Tapi jujur, adegan awal ini mungkin akan terlalu membosankan untuk anak-anak. Di sini banyak adegan seperti merenungnya, begitu.

Next, tiba-tiba latarnya berubah. Ada Lukman di atas panggung. 
"Okeh.. jadi ini latar waktunya gimana, ya?" udah mulai bingung dan mikir, guys. Akunya aja, sih, yang overthinking. Okeh. Baik. Skip. 

Jadi intinya, adegan Lukman di atas panggung itu nyeritain kalo anak kecil (Muhammad Adhiyat) yang masuk ke kotak ajaib milik Lukman ternyata ga muncul lagi.  Terus ibu (Asmara Abigail) dari si anak ikutan masuk ke kotak untuk nyari anaknya itu. Dan hilangnya ibu dan anak itu dianggap sebagai kasus penculikan oleh Kepala Polisi (Butet Kartaredjasa). Petualangan pun berlanjut dengan Kepala Polisi dan anggota polisi (Ence Bagus dan Imam Darto) mencari kotak ajaib itu, ceritanya sebagai barang bukti, gitu. 

Seiring berjalannya cerita, diceritain kalo kotak itu milik ayahnya Lukman, Pesulap Lukito. Diceritain juga kalo ternyata Lukman belum pernah ketemu ibunya. Dan Pesulap Lukito juga menghilang, kayaknya sih masuk ke kotak tapi ga pernah muncul lagi. 

Dan ternyata, dulu itu Lukman tiba-tiba muncul di kotak ajaib itu pas bayi,  yang kemudiaan dirawat oleh pesulap Lukito. Sebenernya Ibu Ashima (Dewi Irawan) sempet cerita tentang Lukman, tapi asli lupa ceritanya gimana. Maaf ya. 

Dan diceritain juga kenapa suami Ibu Ashima, Pak Barnas (Egi Fedly) masuk ke dalam kotak untuk mencari "dia". Tapi "dia" nya ini sapose, ku rada kurang mudeng. Nyari Pesulap Lukito? Apa nyari istrinya Pesulap Lukito? kalo nyari pesulap Lukito, wajarlah emang Pak Lukito dan Pak Barnas itu dulunya temenan. Tapi kalo Barnas nyari istrinya Pesulap Lukito, buat apaaaa?????  Asli, gak mudeng. Help! 

Terus pas Ibu Ashima bilang kalau "Lukman harus tahu kebenarannya." 
Kebenaran apa? Kebenaran kalau dia bayi yang muncul dari dalem kotak?
Dan pas Lukman udah tau bahwa dia ditemuin di dalem kotak, kayak ya udah aja gitu. 
Gak bikin jadi apaaaa gitu.. 
Ku malah jadi mikir "Mesti tau kebenaran kalau Barnas ada hubungannya sama ibunya Lukman, atau gimanasi?" 
Gitu, dah, gantung. 

Dan yang dibingungin bukan soal kenapa Datuk (harimau) bisa muncul di mana-mana..atau..kenapa kok, bisa ada yang muncul/hilang dari kotak ajaib itu. Bukan itu. Tapi ke persoalan soal asal-usul Lukman dan apalagi soal Barnas yang ikutan masuk kotak. Kesannya kayak buat memperpanjang durasi doang. Untuk apa itu ada di cerita? Emang, sih, di sisi lain, kalo bagian-bagian ini diperdalam, mungkin jatohnya jadi kayak FTV, ya. Mungkin atas pertimbangan itu juga hal-hal ini cuma kayak selentingan doangan. Okelah, mari berdamai, Kat. 

EH TAPI!! Pas di akhir cerita, kan Kepala Polisi dan anak buahnya udah ngancurin kotak ajaibnya, tuh. KOK TIBA-TIBA LUKMAN PUNYA KOTAKNYA LAGI?? 
Asli urang teu ngarti

Sefantasi-fantasinya novel atau film, menurutku logika cerita tetep harus berjalan, ya. Kalo kayak gini, jadi apa ya... sayang banget aja gitu. Dan film kan emang tuntutannya selain dari sinematiknya juga tetep bergantung ke ceritanya. 
Jadi kayak malah berharap ada Abracadabra 2, untuk ngejawab pertanyan-pertanyaanku. Heuheuheuhe. Bingung!! Tapi okelah, mungkin itu biar nambah anak-anak ngolah imajinasinya. Oke, mari berdamai lagi, Kat. 

Eh tapi ngomong-ngomong soal bingung, kubaca dari kompas[dot]com, Om Faozan Rizal selaku penulis dan sutradara film ini ngomong gini:
“Walaupun penuh kebingungan, tapi intinya bagaimana kita harus percaya. Jadi, mari kita rayakan kebingungan ini,”
Plis banget lah, Om. Emang sengaja ini penonton dibikin bingung. Bahkan Ibu Jajang C. Noer pun bilang dia bingung sama skenarionya. Wakakaka. Ampun, ah, Om! 


Dan ada juga nih aku nemu video yang bisa di-klik di sini. Ada di menit 5.22, Om Ifa Isfansayah, produser Abracadabra bilang kalau film ini memang gak ngangkat isu apa-apa. Memang fokus ke eksplorasi kreatif dan lebih ke industrinya. 

Kalo ngomong eksplorasi kreatif ADUH GILA EMANG KEREN BANGETSIH!!!!!!! 
Kalo dibilang "ada makna apa sih film ini?" Bisa dibilang, ga ada.. emang bener kata om Ifa, gak ada isu apa-apa. Tapi kalo dibilang untuk hiburan mata, udah jago baget lah! 

Gini gini.. kalo secara mise-en-scene alias segala hal yang berada di depan kamera, latar tempat dan properti yang dipake bener-bener total banget! Dari latar rumah, kantor polisi, sampe latar pemandangan ketika Lukman pergi ke Pantai Rahasia. Aku terpukau banget, ASLI!! 

Terus kostum dan rias. DUH!! Bener-bener total banget! Yakinku sih ada keterpengaruhan dari film-film Disney. Tapi karena mungkin ini film pertama yang magic magic gitu di Indonesia, jadi ini BENERAN BAGUS BANGET. Kalo baca dari  akurat[dot]co, kostum-kostumnya ini dirancang oleh Tex Saverio, perancang asal Indonesia yang pernah mendesain gaun Jennifer Lawrence dalam film The Hunger Games: Cathing Fire. Gokil gak, tuh!! 

Dan kalo soal acting para pemainnya, ya udahlah, ga ada yang bisa dikomentarin aja gitu. Ekspektasi tinggi untuk mereka belum pernah sia-sia. 

Dan satu lagi nih, soal color gradingnya.. 
Ya ampun, mak! Macam postingan instagram.
Enak banget diliatnya. 

Oh ya, satu lagi, deng, kritik aku. Pas adegan Lukman mau ngilangin Sofnila (Salvita Decorte) di kotak ajaib dan pas ibu-ibu tukang pos mau ngilangin Lukman. Itu editingnya kurang halus. Sayang banget. Kalo anak-anak yang nonton sih mungkin ga bakal ngeh, tapi kurasa banyak juga remaja-dewasa yang bakalan ngeh soal itu. Apalagi mata netijen Indonesia kan you tau sendiri. Tapi keknya cuma itu sih kurang dari sinematografinya.

Gitu aja, deh, ya. 
Aku seneng industri film Indonesia ngeksplor kreativitas sampai ke film model begini. 
Aku sangat mengapresiasi itu!!! Beneran!! 
Kalo soal detail cerita yang bingungin, mungkin emang kudu pake sudut pandang anak-anak yang.. ya udah... filmnya lucu, banyak adegan dan percakapan lucunya. Setting, properti, kostum, rias, dan warnanya sangat imajinatif dan fantasi banget.. Mungkin kudu begitu ya. 
Tapi balik lagi sih, akan lebih baik kalo besok-besok, cerita yang dibuat pun masuk akal bagi remaja-dewasa yang nontonnya. Biar jangkauan penonton dan pasarnya lebih luas lagi. 

Terima kasih sudah berani mengeksplor perfilman Indonesia. 
Terima kasih sudah membuat bangga. 

Salam,
Katya Sekar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pangeran dan Permennya

Koteka

Ulasan dan Kritik Buku: Dua Tanda Kurung | Puisi dalam Puisi Kehidupan Handoko F. Zainsam