Ulasan Film: Satu Hari Nanti

 Beberapa bulan ini aku kosong. Kosong sebab aku tak mengisinya. Beneran,  deh.  Aku merasa bodoh. Tanpa membaca sesuatu yang berguna,  apalagi menulis sesuatu. Tapi akhirnya aku mencoba menulis lagi setelah berbulan-bulan. Kuharap tulisanku ini tidak mempermalukan diriku sendiri di kemudian hari.


Tapi mungkin, memang kita,  dalam hidup,  butuh jeda.  Seperti yang dikatakan Chorina (Ayushita) kepada Bima (Deva) dalam Satu Hari Nanti. Sebenernya,  sih,  seinget gue mereka lagi ngomongin soal hubungan antara pria dan wanita.  Tapi,  kan,  tapi,  hubungan asmara toh bagian dalam hidup,  kan?

Film ini,  seperti sebuah karya pada umumnya,  berusaha memberikan hikmah,  ikhtisar,  dan pembelajaran bagi penontonnya.  Dikemas dengan kisah cinta 2 pasangan yang kemudian sama-sama selingkuh ini lumayan banyak yang bisa "dipetik",  ya.  Dari soal asmara,  kayak kejujuran,  mau mendengarkan,  dan menghargai pasangan. Penonton,  khususnya gue,  gregetan ketika Alya (Adinia)  motong-motong omongannya Bima terus.  Ya,  secara doi aja kesel kalo ngomong dipotong-potong. Setidaknya itu bisa jadi cermin buat gue,  ya.  Sikap begitu,  tuh,  ga akan bisa nyelesein masalah, yang ada malah nambah masalah.

Sebenernya dari awal ini film gue udah bingung. Jalan ceritanya emang sengaja dibikin bingung kali,  ya? Ketika Bima dan Alya berantem, lalu Bima cabut,  kenapa malah Chorina yang ngejar? Kenapa bukan Din (Ringgo), gitu? Kejadian ini kayak berusaha nyambung-nyambungin alasan kenapa akhirnya Bima-Cho selingkuh dan Din-Alya selingkuh juga, tanpa ngejelasin sebenernya kenapa mereka berempat bisa kenal, awal pertemanan mereka (mungkin ini ga terlalu penting,  tapi buat gue cukup jadi pikiran)  atau kenapa Bima lebih deket sama Chorina dan kenapa Din lebih deket sama Alya.  Kenapa gak "laki sama laki"  "perempuan sama perempuan", gitu,  kan? Atau kenapa Din malah sibuk bantuin Alya dibanding ngebantuin pacarnya sendiri,  gitu.  Atau bantuin Bima,  kek,  gitu.  Positifnya,  sih, dari sini kita bisa ngeliat,  bagaimana perasaan jenuh dapat berakibat apa.  Atau jangan-jangan,  bener kata laki gue,  bahwa persahabatan antara pria dan wanita itu bahaya?  hm?  Eng ing eng...

Btw,  gue lebih bingung lagi ketika Bima mau ngebahas soal testpack ke Alya,  tapi malah dipotong omongannya sama Alya.  Dan endingnya gak jelas jadinya sebenernya Alya hamil atau engga,  itu sebenernya test pack siapa,  atau kalau memang Alya hamil,  nasib bayinya gimana setelah akhirnya dia mutusin untuk keliling dunia.  Atau sebenernya emang gue yang ga ngerti atau gimana? Gak terjawab.


Ada juga,  satu bagian,  ketika Alya akhirnya mutusin ke luar negeri,  dia bilang ke ayahnya bahwa minatnya bukan di coklat. Lalu dia nunjukin pesan ibunya yang bilang bahwa memasak adalah perjalanan.  Lalu dia mau keliling dunia untuk nyari bahan-bahan makanan di seluruh dunia,  kayak teh paling tua di Cina (ini doang yang paling gue inget) dan lalu dia nyebutin 2 daerah berikutnya yang gue gak terlalu ngeh. Dan endingnya dia bilang ke ayahnya "Memasak,  kan,  perjalanan,  Yah." Di sini gue agak bingung (lagi),  ya, sebab gue merasa bukan itu maksudnya.

Gue tidak berusaha untuk menjadi filosofis atau ribet.  Dan gue percaya bahwa tiap orang boleh menafsirkan kalimat,  buku,  karya,  atau apapun.  Tapi menurut gue "memasak adalah perjalanan"  bukan berarti lo mesti pergi ke mana,  atau ke mana,  atau ke mana untuk membuat sesuatu.  Memasak adalah perjalanan itu sendiri.  Memasak adalah proses itu sendiri.  Gue merasa,  kalimat itu diucapin Alya lebih kayak doi ngeles aja kalo minat dia bukan di coklat tapi takut aja ngomong ke ayahnya,  semacam mencari-cari alasan aja,  gitu.  Gak keren banget jadinya.


Penokohan

Tapi walaupun bingung,  gue tetep senyum-senyum sendiri,  ya,  ngeliat tingkah 4 tokoh ini.  Gue sangat menikmati adegan dewasa,  perasaan gelisah Chorina ketika nungguin Bima,  dan tingkah Din yang ngerasa paling percaya diri sedunia.  I really really enjoy it. Empat tokoh penting (Alya,  Bima,  Chorina,  Din)  keliatan punya karakter masing-masing. Cukup masuk akal ketika Din yang playboy sibuk bantuin Alya,  yang menurut gue,  jelaslah dia emang mata keranjang.  Alya yang,  menurutnya,  dipaksa mendalami coklat untuk nerusin usaha keluarga di Indonesia,  menunjukkan emosi yang meluap-luap dan dominasi ketika bersama Bima.  Dia tipe perempuan keras kepala sekaligus optimis hingga berani ambil keputusan besar untuk keliling dunia,  cocok dengan Din yang juga meluap-luap dan sangat aktif.  Bima,  seniman,  yang galau antara mesti idealis atau ngikutin pasar,  cenderung terkesan pesimistis dan lemah, serta ngerasa didominasi oleh sikap Alya yang keras.  Itulah kenapa Bima,  lebih nyaman bersama Chorina yang lebih kalem dan tentu saja tidak meluap-luap seperti Alya.  Di lain sisi,  dia juga gerah dengan Din yang mata keranjang.

Para pemeran (Adinia, Deva, Ayu, Ringgo) menurut gue bener-bener bagus,  kayak bingung gitu gue mau komentar apa soal mereka.  Antara pemeran,  tokoh,  dan penokohan sangat menyelamatkan film yang,  yah,  drama pada umumnya lah ya.  Ditambah lokasi yang...udahlah bener-bener impian banget main ke sana.  (Walaupun jadi pertanyaan juga,  kenapa mesti ke Swiss?  Apa karena mereka ga punya coklat,  dan harus impor,  jadi justru mereka mengolah coklat dengan tulus?)

Sebenernya,  antara plot dan penokohan ini sudah "kena",  tapi sayangnya masih ada bagian-bagian yang hilang.  Tapi,  asli,  sih, ini gue yang ga ngerti apa emang gimana. Help?!


Beri Jeda 

Meskipun ada banyak pertanyaan untuk film ini,  gue amat sangat percaya diri banget banget banget memang,  bahwa film ini bicara soal hidup.  Bagi gue,  Satu Hari Nanti ngajarin bahwa hidup itu proses yang mesti dijalanin.  Kita gak tau kapan hasilnya bakal keliatan,  mungkin satu hari nanti.  Kalo lelah jalanin prosesnya,  ya beri saja jeda sejenak,  yang sebenernya entah kapan mulainya,  mungkin satu hari nanti.  Kalau putus asa dan tidak mengerti perjalanan ini mau dibawa ke mana,  jeda saja dulu,  mungkin satu hari nanti kita akan mengerti.

Akhir kata,  salut untuk film ini yang menurut gue lemahnya hanya pada ketidaksinambungan bagian-bagian kecil,  yang kalau dipikir-pikir,  gak terlalu banyak ngaruh ke keseluruhan cerita dan keindahan karya.  Ide cerita yang sebenernya sangat berat dikemas dengan sangat ringan,  membuatnya enak ditonton saat santai dan tidak menyisakan pertanyaan yang terlalu berat,  hanya kebingungan-kebingungan receh yang ada di atas.  Hehehehe.

Okelah,  mari beri jeda agar racauan ini tidak semakin panjang, ya.

Produksi: Evergreen Pictures dan Rumah Film
Tahun produksi: 2017
Produser: Dienan Silmy
Sutradara: Salman Aristo
Cerita: Ryan Putri Astrini Basyarah
Skenario: Salman Aristo
Pemeran
1. Adinia Wirasti sebagai Alya
2. Deva Mahenra sebagai Bima
3. Ayushita sebagai Chorina atau Cho
4. Ringgo Agus Rahman sebagai Din



Sekar Ayu Tantri
Jakarta,  10 Juli 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pangeran dan Permennya

Koteka

Ulasan dan Kritik Buku: Dua Tanda Kurung | Puisi dalam Puisi Kehidupan Handoko F. Zainsam